Oleh: Fikih Firmansyah dan Annisa Dhea Octavia

Pengurus Komisariat Himpunan Mahasiswa Langkat Universitas Sumatera Utara (HIMALA USU) periode 2021-2022 resmi dilantikan oleh Pengurus Besar HIMALA yang diwakili oleh Sri Mulia Rokan S.Psi bersama dengan demisioner PK HIMALA USU pada Sabtu, 29 Mei 2021 di Gedung Ikatan Keluarga Minang (IKM) Pangkalan Brandan.

Pelantikan ini di hadiri oleh tamu dan undangan dari PK HIMALA Sekawasan dan juga Demisioner PK HIMALA USU 3 periode sebelumnya, serta kepengurusan yang akan dilantik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Masih dalam suasana bulan Syawal, acara pelantikan pengurus komisariat yang baru ini dirangkap dengan kegiatan Halal Bi Halal bersama demisioner dan alumni HIMALA USU. Dengan dihadiri oleh pengurus komisariat HIMALA sekawasan seperti HIMALA UINSU, UNSAM, dan UNIMAL, Pengurus Besar HIMALA, serta Al ustadz Iqbal Al Fadani S.Pd.I yang diundang untuk memberikan penguatan silahturahmi antar pengurus.

“Semoga Pengurus Komisariat baru HIMALA USU dapat amanah dan bertanggung jawab atas tugas-tugas yang telah diberikan dan mematuhi AD-ART HIMALA serta aturan lainnya,” tutur Sri Mulia Rokan S.Psi seusai membacakan ikrar pelantikan.

Ketua Umum PK HIMALA USU terlantik, Naufal Hisyam mengatakan bahwa HIMALA USU, sebagai paguyuban kedaerahan Kabupaten Langkat bisa menjadi wadah bagi mahasiswa asal Kabupaten Langkat yang berkuliah di Kampus USU untuk menuangkan sumber-sumber ide, gagasan, inovasi dalam pembangunan sumberdaya manusia dan alam Kabupaten Langkat kedepannya.

Ustadz Iqbal Al Fadani S.Pd.I dalam tausiahnya mengingatkan para mahasiswa untuk aktif membangun tanah kelahiran, di Kabupaten Langkat sebagai salah satu manfaat menjadi mahasiswa bagi daerah sekitarnya.

“Sekolah Saya, MAS Halban, sangat butuh bantuan dari kalian untuk memotivasi adik-adik MAS agar niatnya tidak pudar untuk melanjutkan studi di perkuliahan. Adik-adik kalian juga ingin menjadi seperti kalian,” ujarnya

Pelantikan Pengurus Komisariat HIMALA USU ini mengangkat Tema “Melalui Organisasi Pererat Silahturahmi, Tingkatkan Kekeluargaan dan Semangat Membangun Tanah Kelahiran dan Tanah Air.” Hingga kegiatan berakhir, suasana pelantikan terus berjalan lancar dan penuh dengan khidmat.

 

Himpunan Mahasiswa Langkat Universitas Sumatera Utara (HIMALA USU) melakukan kegiatan berbagi takjil pada Jumat (07/05) pukul 17.00 WIB di beberapa titik pusat Kota Stabat, Kabupaten Langkat.

Meski Ramadhan tahun ini masih dalam suasana pandemi COVID-19 dan larangan mudik oleh pemerintah sudah di tetapkan dari tanggal 6-17 Mei 2021, namun semangat para mahasiswa untuk berbagi kebaikan tidaklah pudar. Kegiatan berbagi ini tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan handsanitizier. Aksi ini langsung mendapat sambutan antusias para pengguna jalan serta warga yang sedang berada di lokasi.

Adapun menu Takjil yang dibagikan kepada pengguna Jalan berupa kue ringan, kurma dan minuman. HIMALA USU mengutamakan berbagi takjil untuk pengendara becak, dan pengemis/pengamen.

“Pembagian Takjil ini dilakukan di 2 Jalur Utama akses jalan di Stabat,” kata Naufal Hisyam, Ketua Umum PK HIMALA USU.

“Donatur pembagian takjil gratis ini kami dapatkan dari open donasi secara online melalui pembayaran QRIS ditambah donasi dari Pengurus Komisariat HIMALA USU dan hal seperti ini direncanakan akan menjadi Agenda Rutin HIMALA USU tiap bulan pada hari Jumat” ujar Naufal. Kegiatan berbagi kepada masyarakat seperti ini, merupakan salah satu kegiatan dari Departemen sosling (Sosial&Lingkungan), tambahnya.

Antusias bukan hanya terlihat dari Mahasiswa yang membagikan takjil gratis saja, tetapi masyarakat pun memberikan respons positif. Hal ini terbukti dari hitungan menit saja 150 paket takjil gratis sudah ludes dibagikan ke masyarakat.

“Kita juga membagikan takjil gratis ke 4 mesjid sekitaran Kecamatan Tanjung Pura dan Sawit Seberang dimana lokasi Pengurus Komisariat HIMALA USU berada. Kita harapkan semoga kegiatan seperti ini akan terus terlaksana di bulan-bulan berikutnya, tidak hanya saat Ramadhan saja. Tentunya dengan menggandeng beberapa donatur sehingga jumlah donasi yang dibagikan juga semakin banyak” tuturnya.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur serta teman-teman yang telah berpartisipasi melalui tenaga maupun rezekinya dalam kegiatan ini. Semoga ini menjadi amalan kita di bulan suci yang penuh berkah ini,” tutupnya.

Selain itu juga, dengan adanya kegiatan berbagi takjil ini mampu mempererat tali silaturahmi dan solidaritas kebersamaan meskipun kita sedang berada di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang namun hal ini bukanlah halangan untuk berbagi, namun justru mengajarkan kita untuk selalu bersyukur, bergotong royong dan menempatkan kemanusiaan di atas segala hal karena sekecil apapun itu pasti akan sangat berdampak dan bemanfaat bagi orang lain.

 

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Kadis Pendidikan Langkat DR. H. Saiful Abdi SH SE MPd, menghadiri sekaligus membuka pekan pelajar Langkat 2019, yang diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Langkat (Himala) USU, dengan pemukulan gong, di Taman Budaya T Amir Hamzah, Stabat, Sabtu (2/3).