Saturday, 16 October 2021 11:37

Monumen Nasional Tengku Amir Hamzah Langkat

Written by
(0 votes)

Tengku Amir Hamzah adalah seorang sastrawan Indonesia yang terkenal sebagai "Raja Penyair Pujangga Baru" Beliau sendiri lahir di Binjai, Langkat Sumatera Utara, pada tanggal 28 Februari 1911. Tengku Amir Hamzah sangat berbakat membuat puisi dan bersyair. Oleh karenanya, sangat banyak karya Tengku Amir Hamzah yang diabadikan. Karna jasa Tengku Amir Hamzah terhadap Langkat, maka diabadikan lah sebuah situs budaya untuk mengenang beliau, Yaitu Monumen Tengku Amir Hamzah.

        Monumen Tengku Amir Hamzah merupakan salah satu situs budaya yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Langkat untuk mengenang jasa pujangga Tengku Amir Hamzah terhadap Langkat. Monumen Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah terletak sangat strategis karena berada di pusat kota Stabat, yaitu berlokasi di Alun-Alun Stabat di depan gedung kantor Bupati Langkat di Jalan Proklamasi, Kwala Bingai, Kec. Stabat, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

        Monumennya berbentuk tugu dengan patung Garuda Pancasila bertengger di puncaknya. Di bagian kaki tugu tersebut, terdapat ilustrasi sebuah buku yang terbuka dan di depannya ada sebuah pena dari bulu angsa yang tercelup dalam wadah tinta. Di sisi kiri halaman buku yang terbuka itu tertulis riwayat hidup hidup Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah. Sementara, di sisi kanannya terdapat sebuah sajak karya Tengku Amir Hamzah yang berjudul Berdiri Aku.

Untuk masuk kedalamnya, tidak dipungut biaya. Namun, belum ada lahan untuk parkir di sekitar alun-alun stabat, sehingga jika membawa kendaraan pribadi terpaksa memarkir kendaraan di bahu jalan.

       Akses menuju Monumen Tengku Amir Hamzah sangat mudah. Rute dari lintas Aceh-Medan, kemudian di bundaran kota stabat, ambil jalan keluar pertama menuju jalan Proklamasi, lalu lurus sejauh 1,1 km. Monumen Tengku Amir Hamzah berada di sebelah kiri.

       Monumen Nasional tersebut sering dikunjungi masyarakat yang sekedar bersantai di sekitar Alun-Alun Stabat. Ada yang sekedar berfoto, atau duduk di tangga Monumen Nasional.

Read 83 times
admin

Irham Taufik adalah Mahasiswa Ilmu Komputer yang berkuliah di Universitas Sumatera Utara, asal daerah pantai gading kec.secanggang.

Bidang komputer yang di sukai ialah Network Engineering, Developer Joomla. 

irhamnetwork.blogspot.com

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.