Monday, 16 August 2021 21:31

Pesona Jantung Kota Stabat Featured

Written by
(0 votes)

 

Stabat adalah salah satu kecamatan sekaligus merupakan ibu kota Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Stabat merupakan kota kecamatan terbesar dengan jumlah penduduk terpadat di Kabupaten Langkat. Destinasi wisata yang terkenal di Stabat yakni alun-alun kota Stabat atau kerap disebut tribun. Alun-alun kota Stabat terkenal dengan monumen Garuda Pancasila. Monumen yang terbuat dari batu marmer ini berada tepat di jantung kota Stabat, yaitu di alun-alun kota di depan kantor bupati Langkat. 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Monumen ini berbentuk tugu dengan patung Garuda Pancasila bertengger di puncaknya. Di bagian kaki tugu terdapat ilustrasi sebuah buku yang terbuka dan di depannya ada sebuah pena dari bulu angsa yang tercelup dalam wadah tinta. Pada sisi kiri halaman buku yang terbuka tertulis riwayat hidup pahlawan nasional yakni Tengku Amir Hamzah. Sementara, pada sisi kanannya terdapat sebuah sajak karya Tengku Amir Hamzah yang berjudul Berdiri Aku. Tengku Amir Hamzah adalah seorang pahlawan nasional dan seorang penyair yang sangat terkenal yang lahir di kabupaten Langkat, tepatnya di Tanjung Pura pada 28 Februari 1911. 

 

Alun-alun Stabat dikelilingi pepohonan dan rumput hijau yang menjadikan kawasan alun-alun Stabat menjadi tempat yang sejuk, asri, nyaman dan cocok dijadikan tempat ngumpul keluarga untuk bersantai. Pada pagi dan sore hari alun-alun Stabat sering dijadikan tempat untuk bersepeda, olahraga, dan jogging. Di Alun-alun Kota stabat ini juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman segar yang dapat dinikmati.

 

 

 

 

Nah akhir-akhir ini warga Langkat dikejutkan oleh fasilitas terbaru di kawasan alun-alun Stabat yakni terdapat kursi yang berbahan dasar kayu dengan penyokong besi yang di tata rapi di pinggir jalan kawasan alun-alun Stabat. Kursi-kursi ini menjadikan alun-alun kota Stabat menjadi tampak seperti daerah Malioboro, Yogyakarta . Hal ini menjadi spot foto terbaru bagi warga yang berunjung ke alun-alun Stabat. Jadi ayoo sebagai warga Langkat kita beramai-ramai untuk menikmati destinasi yang ada di Langkat, namun jangan lupa ketika berkunjung dan menikmati keindahan alun-alun Stabat kita harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan agar alun-alun selalu menjadi tempat yang asri, sejuk, dan nyaman .

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                

 

 

Read 251 times Last modified on Wednesday, 29 September 2021 09:28
admin

Irham Taufik adalah Mahasiswa Ilmu Komputer yang berkuliah di Universitas Sumatera Utara, asal daerah pantai gading kec.secanggang.

Bidang komputer yang di sukai ialah Network Engineering, Developer Joomla. 

irhamnetwork.blogspot.com

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.