Artikel Ilmiah Populer

Artikel Ilmiah Populer (1)

 

Olahraga Sederhana Yang Mudah Dilakukan di Rumah Pada Masa Pandemi

 

Pandemi Virus Corona sudah berlangsung selama 11 bulan. Lebih dari 46 juta kasus lebih dan 1,2 juta lebih orang meninggal dunia sejak COVID-19 dimulai. Para peneliti di Shanghai dan New York telah melaporkan penemuan mengejutkan bahwa Covid-19 dapat menyerang sistem kekebalan manusia atau system imunitas dan menyebabkan kerusakan yang serupa dengan yang ditemukan pada pasien HIV.

Pandemi COVID-19 telah merenggut banyak hal, terutama kebebasan seseorang untuk melakukan sesuatu di luar rumah. Berikut olahraga yang mudah Anda dilakukan di rumah untuk meningkatkan system imunitas tubuh :

  • Push-up
    Push-up merupakan olahraga yang mudah dilakukan tanpa menggunakan alat. Banyak variasi gerakan yang bisa dilakukan untuk olahraga yang satu ini, tapi gerakan dasar yang biasa dilakukan adalah :

Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan.

Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan.

Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap.

Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus.

Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah.

Naik lagi dan dilakukan secara berulang.

  • Sit-up
    Sit-up (atau curl-up) adalah latihan ketahanan perut untuk memperkuat, mengencangkan, dan mengencangkan otot perut.  Gerakan dasar yang dilakukan adalah :

Dimulai dengan berbaring dengan punggung di lantai, biasanya dengan lengan di dada atau tangan di belakang kepala.

Lutut ditekuk dalam upaya untuk mengurangi tekanan pada otot punggung dan tulang belakang.

Kemudian mengangkat tulang belakang atas dan bawah dari lantai sampai segala sesuatu yang lebih unggul dari bokong tidak menyentuh tanah.

Lakukan berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

  • Jogging

Lari laun atau joging (bahasa Inggris: Jogging) adalah bentuk berlari dengan langkah perlahan atau santai. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan tekanan yang lebih sedikit pada tubuh daripada berlari lebih cepat, tetapi lebih dari berjalan, atau untuk mempertahankan kecepatan tetap untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini dilakukan dalam jarak jauh dan merupakan bentuk latihan ketahanan aerobik.

 

  •  Bersepeda
    Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat yang menggunakan sepeda. Sepeda pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19 Masehi.  Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya perbukitan, medan yang terjal maupun hanya sekadar dipedesaan dan perkotaan saja. Hal yang paling utama untuk melakukan olahraga ini adalah harus punya sepeda.


Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah. Tidak ada keharusan memiliki alat yang mahal untuk olahraga. Anda harus memiliki keinginan yang kuat dan melawan rasa malas untuk melakukan olahraga tersebut meskipun itu olahraga yang mudah dilakukan.