Langkat

Langkat (6)

Di Sumatera Utara, ada beberapa daerah yang memiliki makanan khas dodol di daerah mereka seperti Mandailing Natal, Serdang Bedagai, dan Langkat. Untuk daerah Langkat khususnya di Tanjung Pura sendiri, usaha dodol kemungkinan masuk sejak awal kemerdekaan. Belum diketahui siapa yang pertama kali membuka usaha dodol di Tanjung Pura, namun usaha ini sangat membantu perekonomian masyarakat.

Halo Sahabat Langkat, kali ini mimin akan membahas tentang The Yos Hill atau yang biasa kita sebut Puncak Akui. Di Langkat, ada satu destinasi wisata yang Instagramable dan kekinian. Puncak Akui namanya. Ada banyak spot foto narsis lho traveler. Sesuai dengan namanya, objek wisata di Langkat ini berada di dataran tinggi, yang menarik disini Puncak Akui menyediakan spot foto bagi para pengunjung. Nah ini cocok banget bagi kalian-kalian yang hobi foto. Ada beberapa spot foto yang sangat menarik di Puncak Akui, seperti Rumah Burung, Rumah Hobbit, Ayunan Udara, Balon Udara, dan indahnya matahari terbenam yang membuat kita ingin terus berada di puncak tertinggi di Langkat ini.

Lokasi Puncak Akui berada tepat di Dusun Perteguhen, Desa Telagah kec Sei Bingai. Letaknya berdekatan dengan Rumah Pohon Habitat.

Selain itu Puncak Akui ini sangat cocok bagi kamu yang hobi ngecamp lohh, Yang ingin bermalam di sana jangan kawatir. Di Puncak Akui disediakan tenda yang bisa teman-teman sewa. Kurang apa coba Puncak Akui ini hehe..

Nah jika kalian yang berasal dari Medan, rute yang harus dilewati Medan - Binjai - Desa Telagah - Dusun Pertuguhen yang memakan waktu kurang lebih 4-5 jam, tergantung kecepatan kendaraan kita yaa guysss. Jalanan masih bisa dilalui mobil dan motor. Kondisi jalan besar untuk kesana sudah cukup baik, hanya saja dari kaki bukit menuju lokasi masih bebatuan dan belum diaspal, tetapi tidak terlalu sulit dilalui. Karena letih nantinya akan tergantikan oleh indahnya pemandangan hijau sejuk di Puncak Akui ini. Nah buat teman-teman pencinta alam jangan lupa jaga kebersihan ya agar alam kita tetap hijau dan wisata alam kita terjaga.

Soal biaya? Jika teman-teman ingin ke sini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya 15.000/ kepala. Nah jika teman-teman  ingin camping biayanya sebesar 25.000/org saja. Dan bagi teman-teman jangan khawatir, karena pengelola sudah menyediakan beragam fasilitas, termasuk air bersih. Sekian penjelasan admin tentang Puncak Akui. Nextt apalagii yaaaa??!!

Hay guys... Setelah kemarin kita uda kasih info tentang tempat-tempat wisata yang ada di Langkat, kali ini kita mau kasih info nih tentang makanan khas Langkat. Apalagi kalau bukan "Manisan Halua". Manisan aneka buah ini warnanya sangat menggoda mata. Terbuat dari berbagai jenis sayuran segar. Rasanya kriuk renyah dan legit. Dirangkai dalam wadah cantik, jadi suguhan di hari lebaran dan hari istimewa lainnya.

Untuk kalian yang lagi libur  tapi bingung mau kemana, kami akan memperkenalkan salah satu objek wisata di langkat yaitu AIR TERJUN TEROH DAN KOLAM ABADI. Teroh-teroh dan kolam abadi sebuah objek wisata alam yang berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Langkat , Sumatera Utara.

Beberapa bulan setelah  Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Soekarno dan Hatta, kabar mengenai proklamasi bahkan belum sampai ke Kesultanan Langkat. Tapi tak lama kemudian, suasana mulai memanas. Laskar-laskar terbentuk. Dan pada 5 Oktober 1945, Sultan Mahmud Abdul Jalil Rakhmat Shah kemudian menyatakan bergabungnya kesultanan dengan negara Republik Indonesia. Pada tanggal 29 oktober,  amir hamzah diangkat menjadi Asisten Residen (Bupati) Langkat dan berkedudukan di Binjai oleh Gubernur Sumatra,Teuku Muhammad Hasan.

Taukah kamu sobat langkat? Bahwasannya nama kabupaten Langkat itu diambil dari sebuah keraajan yang maerupakan pemerintahan monarki tertua di indonesia yaitu  kesultanan Langkat yang pusat pemerintahannya terletak di kota tanjung pura yang sekarang menjadi salah satu kecamatan di kab. langkat . Dahulu kesultanan langkat merupakan bawahan kesultanan aceh sekitar abad ke-19.